CALL for PAPER
Latar Belakang
Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk generasi masa depan yang tidak hanya berpengetahuan, tetapi juga memiliki kesadaran sosial dan lingkungan yang tinggi. Sejalan dengan visi global untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals atau SDG's), Darul Hikam sebagai institusi pendidikan berkomitmen untuk terus berinovasi dalam mengintegrasikan nilai, teknologi, dan kesadaran lingkungan dalam proses pembelajaran.
Darul Hikam Education Conference ke 5 diselenggarakan untuk mendorong diskusi dan pertukaran gagasan yang kreatif dan solutif mengenai inovasi pendidikan. Tema utama konferensi, “Integrasi pendidikan nilai, teknologi dan ekosistem untuk pendidikan berkualitas (SDG’S)", dipilih dengan tujuan untuk membangun kesadaran yang lebih mendalam akan pentingnya pendidikan yang berbasis nilai, memanfaatkan teknologi secara bijak, serta meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan dalam konteks pendidikan.
Urgensi tema ini tercermin dalam tantangan-tantangan yang dihadapi oleh pendidikan di Indonesia saat ini, khususnya terkait dengan kesehatan mental, kesadaran lingkungan, penggunaan teknologi AI dalam pembelajaran serta isu actual Pendidikan
Call for Papers: Tema dan Ruang Lingkup
1. Pentingnya Pendidikan Nilai: Meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan mental dalam lingkungan pendidikan
Masalah kesehatan mental di kalangan siswa, guru, dan tenaga pendidikan semakin mengemuka, terutama pasca pandemi. Kesehatan mental yang baik merupakan pondasi utama untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang produktif dan mendukung perkembangan holistik peserta didik. Dengan mengangkat subtema ini, konferensi bertujuan untuk mengeksplorasi strategi dan pendekatan yang dapat diterapkan dalam lingkungan pendidikan untuk meningkatkan kesejahteraan psikologis dan emosional, baik bagi siswa maupun pendidik.
2. Sinergi ekosistem: menjembatani pendidikan dengan peningkatan tanggung jawab lingkungan.
Pendidikan berperan sentral dalam membentuk generasi yang sadar lingkungan. Mengintegrasikan kesadaran lingkungan dalam kurikulum sekolah tidak hanya memberikan pengetahuan mengenai krisis iklim, tetapi juga mengajarkan tanggung jawab moral untuk menjaga kelestarian bumi. Subtema ini diangkat untuk mendorong diskusi mengenai pendekatan inovatif dalam membangun kesadaran lingkungan di kalangan siswa dan pendidik, agar mereka dapat menjadi agen perubahan dalam menjaga kelestarian lingkungan untuk masa depan yang lebih baik.
3. Merangkul masa depan: inovasi teknologi untuk pendidikan berkualitas.
4. Isu aktual pendidikan: menyasar kebijakan pemerintah dan realitas pendidikan Indonesia.
Tantangan yang dihadapi sistem pendidikan Indonesia, seperti disparitas akses pendidikan berkualitas, kompetensi guru yang belum merata, dan pengaruh ketidaksetaraan sosial-ekonomi terhadap hasil belajar, perlu segera diatasi. Sub-tema ini mendorong peserta untuk menganalisis efektivitas kebijakan pemerintah yang ada dan penerapannya di lapangan. Fokusnya adalah menjembatani kesenjangan antara kebijakan dan kondisi nyata di sekolah serta mengevaluasi apakah kebijakan tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan beragam peserta didik di Indonesia. Pembahasan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pencapaian SDG, khususnya tujuan 4, yang menekankan pentingnya pendidikan yang inklusif dan berkualitas untuk semua.
Ketentuan Call for Papers
- Peserta dapat berupa perseorangan atau kelompok (maksimal 3 orang). 2.
- Peserta Call for Paper terbuka bagi tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan pegawai di lingkungan Yayasan Pendidikan Darul Hikam, serta mahasiswa tingkat S1, S2 dan S3, dosen, praktisi, ASN, pelaku usaha, serta peserta dari kalangan umum yang berasal dari luar Darul Hikam. 3.
- Peserta dapat mengirimkan lebih dari satu artikel.
- Artikel merupakan karya orisinal hasil pemikiran peserta yang belum pernah dipublikasikan di media manapun dan sedang tidak dalam proses reviu di jurnal atau conference manapun.
- Artikel terbebas dari masalah plagiarism dengan ketentuan maksimal 20% secara keseluruhan dan maksimal 3% untuk satu sumber.
- Artikel bukan merupakan saduran, terjemahan, dan kompilasi dari berbagai sumber.
- Semua Artikel memiliki peluang untuk dapat dipublikasikan di jurnal partner DHEC.
- Peserta wajib mengisi Pernyataan Keaslian dan Publikasi Artikel.
- Judul bebas sepanjang masih relevan dengan tema dan topik yang telah ditentukan.
- Artikel dapat ditulis menggunakan bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris sesuai dengan kaidah penulisan yang berlaku.
- Artikel dikirimkan dalam bentuk softcopy disertai dengan berkas pendukung. Berkas-berkas tersebut meliputi:
a). Manuskrip artikel (format ms. Word dan PDF);
b). Biodata Diri (format PDF) maksimal 2 halaman tanpa disertai foto yang memuat informasi mengenai data diri penulis (semua anggota jika peserta adalah kelompok) yang tidak terbatas pada nama, lembaga/institusi, alamat domisili, nomor handphone, dan alamat email.
c.) Bukti telah mengisi formulir pendaftaran (format PDF). Untuk peserta dalam bentuk kelompok, dapat diwakili oleh salah satu anggota kelompoknya. Pendaftaran dapat dilakukan di laman berikut Link_Pendaftaran.
d). Hasil scanned Pernyataan Keaslian dan Publikasi Artikel yang telah ditandatangani (format PDF). Untuk peserta dalam bentuk kelompok, dapat diwakili oleh salah satu anggota kelompoknya.
e. Kartu identitas peserta (format PDF) yang dapat berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) bagi peserta yang masih berstatus sebagai mahasiswa. - Semua berkas di atas harus dijadikan dalam satu file pdf dengan ukuran maksimal 20 MB dan dikirimkan paling lambat 9 November 2024 pukul 23.55 WIB melalui tautan DHEC Dashboard.
- Peserta yang telah mengirimkan berkas dan/atau merasa kesulitan dalam proses pengiriman dapat menghubungi narahubung Call for Paper (Sylva +6281321904487).
- Pertanyaan dan informasi lebih lanjut dapat disampaikan melalui email ---, dengan subjek email “DHEC_Pertanyaan_Topik Pertanyaan”.
- Ketentuan Call for Paper dapat berubah sewaktu-waktu.
- Keputusan panitia, reviwer, dan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
Persyaratan & Ketentuan Penulisan
Sifat & Isi Tulisan
a. Inovatif dan Objektif: Karya ilmiah harus menawarkan gagasan inovatif yang memberikan solusi konkret terhadap masalah yang relevan di masyarakat. Ide disampaikan secara terbuka dan komprehensif, tanpa unsur subjektivitas. Tulisan harus didukung oleh data valid, dengan preferensi data primer dari sumber terpercaya, serta merupakan karya orisinal (bukan plagiarisme).
b. Logis dan Terstruktur: Setiap bagian penulisan harus disusun secara sistematis dan logis, dengan elemen seperti identifikasi masalah, analisis, sintesis, kesimpulan, dan rekomendasi. Tulisan dapat berupa hasil kajian pustaka atau penelitian dengan data primer maupun sekunder. Topik tidak harus sesuai dengan bidang studi penulis, namun relevan dengan tema konferensi dan isu terkini dalam pendidikan berkelanjutan. Karya yang diajukan belum pernah diikutsertakan dalam kompetisi atau forum lain.
Sistematika Penulisan
Karya tulis harus mengikuti template DHEC dengan struktur: Abstrak, Pendahuluan, Tinjauan Pustaka, Kerangka Pikir dan Metodologi, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, dan Daftar Pustaka.
Tanggal Penting DHEC
Sifat & Isi Tulisan
a. Inovatif dan Objektif: Karya ilmiah harus menawarkan gagasan inovatif yang memberikan solusi konkret terhadap masalah yang relevan di masyarakat. Ide disampaikan secara terbuka dan komprehensif, tanpa unsur subjektivitas. Tulisan harus didukung oleh data valid, dengan preferensi data primer dari sumber terpercaya, serta merupakan karya orisinal (bukan plagiarisme).
b. Logis dan Terstruktur: Setiap bagian penulisan harus disusun secara sistematis dan logis, dengan elemen seperti identifikasi masalah, analisis, sintesis, kesimpulan, dan rekomendasi. Tulisan dapat berupa hasil kajian pustaka atau penelitian dengan data primer maupun sekunder. Topik tidak harus sesuai dengan bidang studi penulis, namun relevan dengan tema konferensi dan isu terkini dalam pendidikan berkelanjutan. Karya yang diajukan belum pernah diikutsertakan dalam kompetisi atau forum lain.
Sistematika Penulisan
Karya tulis harus mengikuti template DHEC dengan struktur: Abstrak, Pendahuluan, Tinjauan Pustaka, Kerangka Pikir dan Metodologi, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, dan Daftar Pustaka.